Trafik XL Axiata Naik 21% Saat Lebaran, Tertinggi di Banyuwangi dan Pandeglang

Uzone.id – XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan penggunaan layanan data selama musim libur Ramadan hingga momen Idulftri 2025 yang jatuh pada 28 Maret sampai 6 April 2025.
Trafik data XL Axiata tercatat naik 21 persen selama periode tersebut, meningkat 5 persen dibandingkan Ramadan dan Lebaran tahun 2024. Dari penuturan Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, peningkatan trafik ini tentunya dikontribusi dari euforia mudik Lebaran dan waktu penggunaan layanan digital selama musim liburan.
Tercatat, daerah Jawa Tengah menjadi provinsi yang mengalami lonjakan trafik XL Axiata paling tinggi. Namun, uniknya, dua kota teratas dengan peningkatan trafik paling tinggi adalah Banyuwangi di Jawa Timur dan Pandeglang di Jawa Barat.
Ia melanjutkan, “seperti yang kami perkirakan sebelumnya, terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode liburan, terutama untuk akses layanan streaming video melalui media sosial. Selain itu, pergerakan masyarakat yang begitu dinamis dari satu daerah ke daerah lainnya juga terekam melalui data kami. Secara keseluruhan, trafik data tercatat meningkat lebih dari 21 persen dibanding hari biasa.”
Secara rinci, berikut urutan trafik tertinggi XL Axiata selama momen libur Lebaran 2025 berdasarkan provinsi:
1. Jawa Tengah: 44 persen
2. Daerah Istimewa Yogyakarta: 25 persen
3. Jawa Barat: 20 persen
4. Jawa Timur: 28 persen
5. Banten: 10 persen
6. Nusa Tenggara Barat: 29 persen
7. Lampung: 29 persen
8. Sumatra Barat: 23 persen
9. Sumatra Utara: 23 persen
10. Aceh: 23 persen
Berikut urutan trafik tertinggi XL Axiata saat momen Lebaran berdasarkan kota:
1. Kota/Kab. Banyuwangi (Jawa Timur): 74 persen
2. Kota/Kab. Pandeglang (Jawa Barat): 63 persen
3. Kota/Kab. Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan): 62 persen
4. Kota/Kab. Bangkalan, Madura (Jawa Timur): 52 persen
5. Kota/Kab. Sampang Madura (Jawa Timur): 51 persen
6. Kota/Kab. Garut (Jawa Barat): 49 persen
7. Kota/Kab. Lebak (Banten): 46 persen
8. Kota/Kab. Cirebon (Jawa Barat): 42 persen
9. Kota/Kab. Sukabumi (Jawa Barat): 38 persen
10. Kota/Kab. Lombok Tengah (NTB): 36 persen

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu naik hingga sebesar 18 persen.
Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, kemungkinan dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode Lebaran sebelumnya.
Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 27 persen.
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17 persen, disusul File Access yang meningkat 16 persen, kemudian web browsing juga meningkat 12 persen, serta game 46 persen.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26 persen, platform X meningkat 23 persen, dan Meta (Facebook) 4 persen.
Sementara itu web browsing naik 12 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19 persen dibanding hari normal.
Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167 persen dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156 persen.
Layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:
1. Instagram meningkat 18,8 persen
2. Youtube meningkat sebesar 21 persen
3. TikTok meningkat sebesar 7 persen
Adapun layanan Netflix dan Vidio meskipun banyak diakses namun mengalami penurunan sebesar 2 persen dan 21 persen. Saat ini secara keseluruhan jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 1 juta home connect.
Seperti diketahui, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.
Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta user. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165.000 BTS, termasuk 111.000 BTS 4G. Jaringan tulang punggung (backbone) ada sepanjang lebih dari 190.000 kilometer, yang menjangkau sebagian besar provinsi. Sementara layanan fixed mobile convergence (FMC) telah menjangkau 127 kota/kabupaten.