Toyota Indonesia Recall Alphard, Ini Dua Masalah Komponennya!

Uzone.id - Ada dua masalah yang diketahui menimpa Toyota Alphard. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun melakukan penarikan kembali atau recall terhadap MPV mewah tersebut.
Unit yang terdampak adalah Alphard yang diproduksi pada kurun waktu tertentu antara 2014 sampai 2022.
Pemanggilan ini dilakukan guna memeriksa dan mengganti Front Hood Moulding yang memiliki potensi masalah, serta Alternator Pulley pada Alphard produksi Desember 2014 dan Desember 2022.
Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyampaikan langkah tersebut untuk memastikan kualitas produk dan layanannya, termasuk kendaraan yang telah lama dipasarkan, sebagai upaya memberikan total Mobility Solution.
"Mengingat ada potensi ketidaksempurnaan, kami mengajak para pemilik Toyota Alphard pada tahun produksi tertentu, supaya datang ke bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memastikan apakah kendaraannya memperoleh panggilan recall,” katanya dalam keterangan resmi
Untuk masalah pada Front Hood Moulding, Toyota mendeteksi adanya potensi masalah, di mana dalam kondisi tertentu dapat terlepas dari posisinya.
Sehingga, untuk pemilik Alphard dengan produksi Agustus–Oktober 2020, diimbau untuk datang ke bengkel resmi supaya posisi struktur pemasangan komponen dimaksud diperkuat.
Estimasi waktu pengecekan dan penggantian sampai inspeksi sekitar 30 menit.
Sementara itu, Alphard tahun produksi Desember 2014 sampai Desember 2022 dipanggil kembali karena ada potensi ketidaksempurnaan pada Alternator Pulley.
Komponen tersebut berpotensi dapat menimbulkan bunyi abnormal dan bising, serta pada kondisi tertentu dapat menyebabkan output kelistrikan menurun.
Untuk pengecekan dan penggantian sampai inspeksi bagian ini, estimasi waktu pengerjaannya sekitar 1 jam.
“Mengingat ada 2 recall Alphard dengan tahun produksi berbeda, pelanggan bisa memastikannya dengan menghubungi jaringan diler resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315," kata Marketing Director TAM, Jap Ernando Demily.
Cara lainnya, pengguna dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui WhatsApp di nomor 08111500315.