NEU Citi, Mobil Listrik ‘Mainan’ Kok Lebih Mahal dari Air EV?
Uzone.id - Di ajang PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, terselip sebuah mobil listrik diantara jajaran motor-motor listrik. Yakni NEU Citi, mobil mungil yang banderolnya lebih mahal dari Wuling Air EV.
Begitu melihatnya, kami langsung teringat mobil listrik Kurnia yang juga punya dimensi mungil dan lebih seperti 'mobil mainan'. Namun NEU Citi setidaknya punya tampilan yang lebih seperti "mobil beneran".Harganya fantastis, Rp220 juta. Harga ini bahkan lebih mahal dari mobil listrik Wuling Air EV atau mobil listrik SERES E1. Keduanya ada yang dibanderol di bawah Rp200 jutaan.
Mobil ini punya dimensi panjang 3,3 meter, lebarnya 1,4 meter dan tingginya 1,6 meter dengan jarak sumbu roda 2,4 meter dan ground clearence 18 cm.
Mobil listrik ini pakai ban dengan ukuran 155/65 ring 13 untuk ban depan dan belakang. Suspensinya mengandalkan McPherson Independent Suspension di depan dan Five connecting rods Non Indepent di belakang.
Tampilannya serba membulat. Uniknya, kap mesin bisa dicopot pasang dan terbuat dari plastik. Klaimnya untuk kepraktisan dan mengurangi bobot.
Punya berat kosong 765 kg, NEU Citi mengandalkan baterai Lithium berdaya 34 kW yang bisa menjalankan mobil ini sejauh 205 km dengan kecepatan maksimal tembus 100 km per jam.
Di dalam kabinnya, bisa muat empat penumpang. Tersedia layar MID dan head unit, juga tombol transmisi. Sementara rem parkir masih pakai tuas.
Menariknya, ada sejumlah fitur, termasuk mode berkenara Sport yang bisa diaktifkan melalui tombol di sebelah kanan dasbor.
Spesifikasi Teknis:
Dimensi (PxLxT) : 3380 x 1499 x 1610 mm
Jarak Sumbu Roda : 2440 mm
Jarak terendah ke tanah : 180 mm
Berat kosong : 765 kg
Tipe Baterai : Lithium Battery
Voltase & Kapasitas : 100V – 160 ah
Umur baterai : 3.000 cycles
Jarak tempuh : 205 km
Motor : 15 kW
Daya maksimum : 34 kW
Kecepatan maksimum : 100 km/jam
Ukuran ban depan : 155/65-13
Ukuran ban belakang : 155/65-13
Tipe Suspensi depan : McPherson Independent Suspension
Tipe Suspensi belakang : Five connecting rods Non Indepent Suspension