Mengenal iMT, Transmisi Manual Tanpa Kopling pada Hyundai Venue
Teknologi iMT milik Hyundai
Uzone.id - Hyundai Venue merupakan SUV crossover subkompak lima pintu yang mengambil platform Hyundai Accent. Untuk pertama kalinya, Hyundai Venue diperkenalkan di New York International Auto Show 2019.Kemudian, Venue diluncurkan di India pada 21 Mei 2019 dan tersedia lima trim: E, S, SX, SX +, dan SX (O).
Hyundai Venue tersedia mesin 1.0L Turbo GDi Petrol BS6 dipasangkan dengan gear box transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) untuk tipa SX dan SX (O).
Transmisi manual tanpa kopling sebetulnya bukan hal baru, teknologi macam ini juga dipakai Suzuki Ignis, Suzuki Karimun WagonR, dan Renault Kwid Climber yang dijual di Indonesia.
BACA JUGA: Ketika Ford F-150 Raptor Dimodifikasi Jadi Tesla Cybertruck
iMT yang dikembangkan di India, menurut Hyundai, memiliki teknologi yang tidak rumit. Hal itu membuat iMT tidak memakan biaya perawatan yang mahal.
"Mengandalkan sebuah sensor yang mendeteksi kapan kopling harus dilepas dan sebuah aktuator hidrolik yang akan mengatur tekanan untuk mengatur posisi kopling. Kopling akan dilepas tepat sebelum pengemudi mengoper ke gigi yang diinginkan," kata Hyundai.
Berikut cara kerja iMT:
- Unit kontrol transmisi akan mendeteksi sinyal dari sensor pada tuas transmisi yang menandakan pengemudi ingin mengganti gigi.
- Kontrol transmisi akan mengaktifkan aktuator hidrolik yang memberikan tekanan pada sistem kopling.
- Tekanan kopling akan memasuki Slave Cylinder.
- Slave Cylinder akan menggunakan tekanan tersebut untuk mengatur posisi kopling, melepas atau menekan kopling pada saat yang tepat.
- Pengemudi hanya perlu memindahkan gigi tanpa perlu menekan kopling.
Selain mudah perawatannya, iMT bisa meringankan pengemudi ketika mobil menghadapi jalanan macet atau perjalanan jauh. Kinerja mesin juga meningkat karena semua pelepasan kopling dilakukan dengan sempurna.
"Singkatnya, sangat mengeliminasi slip kopling. Dengan fitur ini juga, kenikmatan berkendara mengoper gigi dengan transmisi manual tidak absen tanpa beban pada kaki kiri yang cukup menyiksa di kemacetan," kata Hyundai.
Teknologi iMT juga mempermudah pengemudi saat menghadapi mobil di jalanan menanjak.
VIDEO Toyota Corolla Cross Review, Mobil yang Punya Bloatware NFC