Menanti Ioniq 5 N Hadir di Indonesia, Versi Buas dari Mobil Listrik Hyundai
Uzone.id - Hyundai baru saja memperkenalkan Ioniq 5 N—ya, ada huruf N di belakang namanya. Huruf N sendiri merupakan penanda mobil-mobil berperfoma Hyundai, jadi bisa dipastikan ini adalah versi yang lebih buas dari Ioniq 5.
Ioniq 5 N diluncurkan secara perdana di dunia pada hari ini di Goodwood Festival of Speed di West Sussex, Inggris. Mobil ini melambangkan masa depan Hyundai N dan sarana baru bagi para penggemar mobil high-performance untuk beralih ke era elektrifikasi.Kendaraan baru ini juga melambangkan warisan turun-temurun Hyundai dalam menghadirkan mobilitas berkualitas terbaik dengan model N yang berfokus pada pengemudi.
Ioniq 5 N menegaskan posisi Hyundai N sebagai hasil pengembangan teknologi terdepan dari Hyundai Motor dan melahirkan inovasi yang dapat diterapkan di model EV Hyundai lainnya untuk meningkatkan daya saing Hyundai.
Jaehoon Chang, President and CEO Hyundai Motor Company, mengatakan, “Hyundai N memelopori kepemimpinan Hyundai Motor Company di bidang teknologi.
Perpaduan inovasi teknologi dan pengalaman motorsport pada Hyundai N mendobrak batasan performa berkendara. Hasilnya bisa kita lihat pada Ioniq 5 N, sebuah gebrakan mobil elektrik high-performance.
“Perkembangan Ioniq 5 N menjadi kunci untuk memperkuat daya saing seluruh model Hyundai ke depan. Inilah tujuan adanya Hyundai N.” ujarnya dalam keterangan resminya.
Ioniq 5 N memadukan platform Electric Global Module Platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport Hyundai N.
Model ini juga memanfaatkan kepiawaian ‘Rolling Labs’ Hyundai N (RM20e, RN22e dan N Vision 74) untuk memaksimalkan kemampuan Ioniq 5 N sebagai mobil EV high-performance.
Tak ketinggalan, model ini memenuhi tiga pilar performa Hyundai N: ‘Corner Rascal’, ‘Racetrack Capability’, dan ‘Everyday Sportscar’.
Kemampuan Corner Rascal Ioniq 5 N dimulai dari peningkatan struktur body-in-white (BIW) dengan tambahan 42 welding point dan tambahan perekat hingga 2,1 meter.
Motor penggerak dan baterai Ioniq 5 N diperkuat sementara subframe depan dan belakang juga ditinggikan untuk mengokohkan sisi mobil.
Integrated drive axles (IDA) yang terinspirasi World Rally Championship dipasang di bagian depan dan belakang mobil serta diperkuat untuk menahan torsi motor elektrik dan dengan roda aluminium 21 inci, mengurangi unsprung mass.
Untuk meningkatkan respons dan umpan balik kemudi, batang setir Ioniq 5 N diperkokoh. Selain itu, kendaraan ini menampilkan sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) khusus dengan rasio setir lebih tinggi dan umpan balik torsi yang ditingkatkan.
Berbagai peningkatan tersebut menghasilkan pengalaman kemudi yang lebih nyata dan komunikatif untuk membangkitkan kepercayaan diri pengemudi.
N Pedal dikembangkan sebagai solusi masalah bobot dan ukuran EV serta mencapai karakteristik respons handling juara yang terlihat di model i20 N WRC.
Peranti lunak cerdas di Ioniq 5 N ini dirancang untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle.
Berbasis teknologi serupa di sistem regenerative braking i-Pedal, N Pedal memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga daripada efisiensi daya. Gaya deselerasi menciptakan transfer beban agresif untuk corner entry yang lebih tajam.
Untuk mempertahankan sudut drift, N Drift Optimizer menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input waktu nyata.
Torque Kick Drift yang terintegrasi memampukan pengemudi menyimulasikan clutch kick action seperti kendaraan rear-wheel-driven ICE untuk skenario berkendara yang membutuhkan inisiasi drift yang lebih cepat. Inilah hasil teknologi kontrol elektronik yang mutakhir.
Lalu, N Torque Distribution memastikan distribusi torsi depan dan belakang yang bisa disesuaikan hingga 11 tingkat. Electronic limited slip differential (E-LSD) di as roda belakang meningkatkan performa dan kendali cornering.
Sensor roda tambahan serta peningkatan kapasitas peredaman dengan ukuran peredam yang lebih luas menambah performa suspensi yang dikendalikan secara elektronik.
Ioniq 5 N menawarkan berbagai peningkatan teknis untuk memastikan performa yang andal. Motor elektriknya berpacu hingga 21.000 RPM, menghasilkan 478 kW/650 PS dengan N Grin Boost.
Ini dihasilkan dari inverter two-stage dengan peningkatan efisiensi daya untuk output daya yang lebih kuat dari baterai 84 kWh.
Berbagai fitur eksklusif lain ikut membantu performa balap Ioniq 5 N. N Grin Boost meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya dan N Launch Control menyediakan daya tarik tiga tingkat untuk starter tercepat sehingga pengemudi bisa memacu layaknya mobil balap profesional.