10 Pertanyaan Penting yang Harus Diajukan Saat Anda Wawancara Kerja
Dikutip dari Business Insider, saat Anda menjalani wawancara kerja, Anda juga harus bertanya detail kepada orang yang mewawancara Anda. Hal itu berguna untuk meyakinkan satu sama lain bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan, dan perusahaan tersebut juga sesuai bagi Anda.
Namun Anda juga harus berhati-hati saat bertanya. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman akibat pertanyaan yang Anda ajukan. Maka ada baiknya sebelum menjalani wawancara, Anda melakukan riset mengenai perusahaan dan pertanyaan apa saja yang Anda ajukan.Berikut kumparanSTYLE merangkum 10 rekomendasi pertanyaan yang dapat diajukan setelah Anda selesai diwawancara.
1. Saya akan melapor ke siapa?
Jika Anda akan bekerja dengan beberapa leader, Anda harus tahu siapa yang memegang kendali. Ada baiknya Anda mencari tahu tentang mereka sebelum akhirnya menerima tawaran kerjanya.
2. Bagaimana perkembangan tentang posisi ini?
Pada dasarnya, Anda harus tahu apakah posisi yang Anda duduki memiliki progres yang baik untuk karier Anda atau tidak.
3. Bagaimana budaya bekerja di perusahaan ini?
Pertanyaan ini berguna untuk memberikan Anda sedikit gambaran mengenai filosofi perusahaan dan apakah perusahaan tersebut mementingkan kebahagiaan karyawannya atau tidak.
4. Apa tantangannya jika bekerja di posisi tersebut?
Tantangan dalam sebuah pekerjaan merupakan hal yang penting untuk membantu Anda terus berkembang. Anda harus merasa khawatir jika interviewer mengatakan pekerjaan tersebut tidak menantang.
5. Karyawan seperti apa yang dapat menjadi sukses di perusahaan ini? Kira-kira adakah hal terpenting yang harus saya lakukan untuk menjadi karyawan yang baik dan dapat menguntungkan perusahaan?
Pertanyaan ini akan menunjukkan bahhwa Anda peduli dengan masa depan perusahaan.
6. Bagaimana cara Anda membantu tim Anda untuk berkembang secara profesional?
Pertanyaan ini akan mengindikasikan jika Anda rela bekerja keras untuk kesuksesan perusahaan, serta kesuksesan Anda sendiri.
7. Bagaimana respon Anda ketika ada karyawan yang datang membawa masalah, bagaimana cara Anda menanggapinya?
Mengetahui cara perusahaan dalam merespon sebuah masalah akan memberikan Anda gambaran penuh mengenai budaya yang diterapkan dalam bekerja di perusahaan tersebut.
8. Bagaimana cara Anda mengevaluasi kesuksesan?
Mengetahui bagaimana cara perusahaan mengukur kesuksesan karyawannya merupakan hal yang penting. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui jenjang karier Anda dalam perusahaan.
9. Bagaimana Anda melihat perkembangan perusahaan ini dalam tiga tahun ke depan?
Pertanyaan ini akan menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk bekerja dalam kurun waktu yang cukup lama dalam perusahaan tersebut.
10. Adakah hal lain yang dapat saya lakukan untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan?
Hal ini akan menunjukkan keseriusan Anda dalam melamar sebuah pekerjaan, sekaligus mengetahui apakah wawancara yang Anda jalani sudah cukup memenuhi syarat atau tidak.